9Asal Usul Konsol Game Legendaris, Yaitu Atari (VCS) Video Control System

Oleh : ftrrahman | 2022-04-04 15:08:11

Pada tahun 1977 Atari merilis game konsol sebelum konsol Nintendo: Sistem Komputer Video atau Video Control System (VCS), yang kemudian dikenal sebagai Atari 2600. Perusahaan telah mencetak kemenangan sebelumnya untuk industri yang sedang berkembang dengan konsol Pong-nya, tetapi banjir tiruan murahan mengancam masa depannya perusahaan Atari. Seperti sistem video game baru lainnya pada saat itu, Fairchild Video Entertainment System (VES) dan RCA Studio II, VCS hanya terjual beberapa ratus ribu unit sejak awal. Namun, masuknya dana dari perusahaan induk Warner Communications mendukung Atari selama pasar videogame yang masih baru di akhir 1970-an, yang masih dalam transisi dari perangkat game tetap ke konsol berbasis kartrid yang dapat dipertukarkan. Kombinasi dukungan finansial Warner dan peningkatan permainan menarik ini membantu Atari menjual jutaan konsol VCS pada tahun 1980.

Unit VCS pertama dikirimkan dengan dua joystick, sepasang dayung, dan kartrid Tempur dua pemain, yang berisi beberapa tank dan game aksi pesawat. Delapan judul game lainnya, beberapa di antaranya merupakan interpretasi longgar dari game arcade populer Atari, adalah Air-Sea Battle, Basic Math, Blackjack, Indy 500, Star Ship, Street Racer, Surround, dan Video Olympics.

Meskipun permainan ini sederhana dan tidak jauh lebih baik daripada permainan untuk sistem saingan, variasi mereka mengisyaratkan apa yang akan datang. Indy 500 bahkan dikemas dengan dua pengontrol kemudi (mengemudi), menambah susunan awal sistem dari opsi kontrol yang mengesankan yang akan diperluas selama masa pakai sistem. Dengan memori sistem yang sangat kecil dan mikroprosesor 8-bit 6507 Motorola yang berjalan lebih dari 1 MHz, VCS sekilas tampak seperti pembangkit tenaga listrik. Suara terbatas pada dua saluran, tetapi, jika diprogram dengan cermat, dapat mendukung efek suara dan musik yang layak. Grafik, meskipun ditampilkan pada resolusi yang cukup rendah dan dengan batasan jumlah objek bebas kedip per baris, tetap dapat menarik dari palet 128 warna yang mengesankan.

Warna dan siklus warna menjadi fitur khas VCS, memungkinkan efek menarik yang membantu memperpanjang umur efektif konsol jauh melampaui apa yang pernah dibayangkan. Ada kekuatan bawaan yang cukup dalam VCS dengan kombinasi yang tepat dari pemrogram pintar selama bertahun-tahun sehingga menjadi salah satu sistem pertama yang mendukung hampir semua genre game dan aksesori terkait yang dapat dibayangkan.

Tags : Atari, Sejarah